Kamis, 03 April 2008

Sabang

Sumber : http://www.indonesiareef.com/?show=location

Sabang adalah kota administratif dari Pulau Weh, di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Letaknya ada di alur masuk massa air yang besar dari Samudra Hindia ke Selat Malaka yang sempit. Aliran air yang kencang ini memberi banyak nutrisi bagi terumbu karang di kawasan tersebut. Di sini selain terumbu karang dan penghuninya yang indah, banyak juga ditemukan ikan-ikan dan megafauna laut yang besar (manta, paus, dll). Bahkan pada Maret 2005, dua ilmuwan (Mark Erdmann dan Gerard Allen) menemukan beberapa jenis ikan baru.

Selain kawasan terumbu, P. Weh juga mempunyai lokasi penyelaman dekat dengan gunung api bawah laut, yang menjadikannya unik dibandingkan tempat-tempat diving lain di dunia.

Sebagian besar terumbu di beberapa kawasan di Aceh, termasuk Pulau Weh masih sangat baik untuk diving. Survei juga menunjukkan jumlah ikan-ikan karang yang masih berlimpah. Jadi, kalau kita di Jakarta bosan melihat “sepinya” kawasan bawah air di kawasan Ancol dan Teluk Jakarta, nah…ikan dan terumbu karang di Aceh siap menanti.

Tidak ada komentar: