Kamis, 03 April 2008

Profil Kabupaten Nias

Sumber : http://www.niaskab.go.id/profile.php


Kabupaten Nias adalah salah satu daerah kabupaten di Provinsi Sumatera Utara yang berada dalam satu pulau dengan Kabupaten Nias Selatan (Kabupaten pemekaran dari Kabupaten Nias) yang disebut Pulau Nias, mempunyai jarak ± 85 mil laut dari Sibolga (daerah Provinsi Sumatera Utara.Daerah Kabupaten Nias merupakan daerah kepulauan yang memiliki pulau-pulau kecil sebanyak 27 buah. Banyaknya pulau-pulau kecil yang dihuni oleh penduduk adalah sebanyak 11 buah, dan yang tidak dihuni ada sebanyak 16 buah.Luas wilayah Kabupaten Nias adalah sebesar 3.495,40 km2 (4,88 % dari luas wilayah Provinsi Sumatera Utara), sejajar dan berada di sebelah barat Pulau Sumatera serta dikeliling oleh Samudera Hindia.

Menurut letak geografis, Kabupaten Nias terletak pada garis 0°12’-1°32’ Lintang Utara (LU) dan 97 °-98° Bujur Timur (BT) dekat dengan garis khatulistiwa dengan batas-batas wilayah :

  • Sebelah Utara :
    berdasarkan dengan Pulau-pulau banyak Propinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD).
  • Sebelah Selatan :
    berbatasan dengan Kabupaten Nias Selatan, Propinsi Sumatera Utara.
  • Sebelah Timur :
    berbatasan dengan Pulau Mursala Kabupaten Tapanuli Tengah Propinsi Sumatera Utara.
  • Sebelah Barat :
    berdasarkan dengan Samudera Hindia.

IKLIM

Keadaan iklim Kabupaten Nias dipengaruhi oleh Samudera Hindia. Suhu udara dalam satu tahun rata-rata 25,9 ° C per bulan dengan rata-rata minimum 21,2° C dan rata-rata maksimum 30,3 ° C.
Kecapatan angin rata-rata dalam satu tahun sebesar 5,6 knot/jam dan bisa mencapai rata-rata kecepatan maksimum sebesar 19,8 knot/jam dengan arah angin terbanyak berasal dari arah utara. Kondisi seperti ini disamping curah hujan yang tinggi mengakibatkan sering terjadinya badai besar. Musim badai laut setiap tahun biasanya terjadi antara bulan September, tetapi kadang-kadang terjadi juga pada bulan Agustus dan cuaca bisa berubah secara mendadak.

1 komentar:

raginkaefer mengatakan...

The best slot machines for money: Which is the - Dr.MCD
Slot machine games are very fun to 서울특별 출장마사지 play. 밀양 출장샵 Most slot machine 삼척 출장샵 games are the same and they offer an excellent RTP on slot machines for 용인 출장샵 money 원주 출장안마 -