Selasa, 01 April 2008

Pemkab Lembata Lirik Pasar Surabaya

Tanggal : 1 April 2008
Sumber : http://www.ntt-online.org/2005/12/09/adb-lanjutkan-proyek-pemberdayaan-pesisir-dan-laut-di-ntt/?p=5978

Lembata, NTT Online - Pemerintah Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur (NTT) sedang menjajaki kerjasama dengan perusahan Fresh Tuna di Surabaya, Jawa Timur untuk memasarkan hasil kemiri ke daerai itu. Saat ini, pemerintah melalui perusahan daerah (PD) Purin Lewo telah menandatangani kontrak kerjasama untuk pemasaran komoditi kemiri ke Surabaya, kata Bupati Lembata, Andreas Duli Manuk, di Lembata, Selasa.

“Ada perusahan di Jawa Timur yang respek dengan komoditi kemiri dari Lembata. Setelah dilakukan survei lapangan, kami membuat kontrak kerjasama perdagangan,” katanya.

Dalam kontrak kerjasama itu, perusahan daerah membeli dan menampung hasil petani kemudian dikirim ke Surabaya dan perusahan yang bertanggungjawab pemasarkan. “Kita sudah lakukan uji coba pemasaran pertengahan Maret lalu dengan mengirim 11.914 kg kemiri ke Surabaya dan hasilnya sangat mengembirakan,” katanya.

Bupati tidak menjelaskan secara rinci mengenai tingkat produksi kemiri, tetapi harga kemiri di tangan petani yang semula hanya berkisar Rp2.500-3.000 per kg, naik menjadi Rp5.000 per kg. antara

Tidak ada komentar: