Selasa, 01 April 2008

BI Bangun Pabrik Rumput Laut di Lembata

Tanggal : 1 April 2008
Sumber : http://www.ntt-online.org/2005/12/09/adb-lanjutkan-proyek-pemberdayaan-pesisir-dan-laut-di-ntt/?p=5979

Lembata, NTT Online - Bank Indonesia (BI) berencana membiayai pembangunan pabrik rumput laut di Kabupaten Lembata, NTT dalam tahun 2008 ini. Pembangunan pabrik rumput laut itu, merupakan bagian dari kerjasama BI dengan pemerintah Kabupaten Lembata dalam kerangka mendorong pertumbuhan ekonomi di wilayah itu, kata Bupati Lembata, Drs. Andreas Duli Manuk, di Lembata, Selasa.

Menurut dia, tim dari Bank Indonesia telah meninjau lokasi yang akan dijadikan tempat pembangunan pabrik rumput laut, setelah meneliti potensi rumput laut di wilayah itu pada tahun 2007 lalu. “Sejauh ini tidak ada masalah, termasuk lokasi yang disiapkan Pemda,” kata Bupati Lembata.

Dia mengatakan, pemerintah dan rakyat harus memberi dukungan penuh bagi rencana pembangunan pabrik rumput laut, karena memiliki dampak yang sangat positif.

Para petani nelayan bisa mengembangkan usaha rumput lau dan dijual dengan harga tinggi, disamping keberadaan pabrik itu akan menampung tenaga kerja dalam jumlah yang cukup signifikan, katanya.

Mengenai potensi rumput laut, dia mengatakan, sangat menjanjikan tetapi karena selama ini tidak ada pangsa pasar sehingga masyarakat enggan berusaha.

Dia berharap, dengan adanya pembangunan pabrik rumput laut nantinya, mampu merasangkan para petani untuk membudidaya rumput laut di sepanjang pesisir pantai di wilayah ini. “Belum ada usaha secara besar-besaran tetapi masih dalam skala kecil, tetapi kalau sudah ada pabrik, saya yakin usaha-usaha rumput laut akan banyak bermunculan di daerah ini,” katanya.

Apalagi, pangsa pasar sudah jelas dan harga cukup baik, kata Bupati Lembata. antara

Tidak ada komentar: