Selasa, 11 Maret 2008

Tanggamus - Pembangunan:Dua Hari, Tanggamus Gelar Musrenbangda

Tanggal : 11 Maret 2008
Sumber : http://www.lampungpost.com/cetak/berita.php?id=2008031103202330

KOTAAGUNG (Lampost): Pemerintah Kabupaten Tanggamus selama dua hari, Selasa (11-3) sampai Rabu (12-3), menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah (Musrenbangda) tahun 2008 di Aula Islamic Center Kotaagung.

Kegiatan yang akan dibuka Bupati Bambang Kurniawan ini akan dihadiri Wakil Bupati Sujadi Saddat, Sekretaris Kabupaten Syafiuddin Muas, para pejabat, dan tokoh masyarakat.

"Hasil Musrebangda ini nantinya akan menjadi rujukan utama bagi penyusunan RAPBD Kabupaten Tanggamus," kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Tanggamus Gunawan T.W. kepada Lampung Post di ruang kerjanya, Senin (10-3).

Menurut Gunawan, ada delapan prioritas pembangunan Tanggamus tahun 2008 yang akan dibahas dan menjadi dasar Musrenbang tahun 2008. Yaitu, pengendalian pembangunan kawasan pesisir, pengendalian kawasan lindung, pembangunan infrastruktur daerah tertinggal, rencana pengelolaan Dam Batu Tegi, rencana pemekaran Kabupaten Pringsewu.

Kemudian, berfungsinya jalan lintas barat, pembangunan pelabuhan Batu Balai, dan pembangunan Kecamatan Gisting sebagai kawasan agropolitan.

Untuk mencapai target delapan prioritas pembangunan Kabupaten Tanggamus tersebut, Pemkab Tanggamus juga telah memiliki program unggulan tahun 2009.

Pertama, peningkatan pelayanan kualitas dan pengembangan prasarana kesehatan dan pendidikan. Kedua, pembangunan dan peningkatan infrastruktur berupa peningkatan status jalan negara Sedayu--Gadingrejo, peningkatan jalan wilayah Cukuh Balak, Kelumbayan, Ulu Belu, Pematang Sawa, peningkatan kualitas perumahan permukiman termasuk penyediaan air bersih, serta peningkatan pelayanan daerah irigasi.

Ketiga, revitalisasi pertanian, perikanan, peternakan, dan pembangunan perdesaan. Yaitu, mewujudkan Kecamatan Gisting dan sekitarnya sebagai kawasan agropolitan, mewujudkan Tanggamus sebagai sentra ikan air dan kambing burawa, serta pembangunan dan rehabilitas TPI di wilayah pesisir.

Keempat, peningkatan dan pemberdayaan ekonomi kerakyatan serta penguatan modal. Kelima, pembangunan bidang perhubungan, pariwisata, dan olahraga dengan melanjutkan pembangunan pelabuhan penyeberangan Batu Balai, membangun terminal pelabuhan Batu Balai, pembangunan objek wisata Way Lalaan dan Way Gelang, pembangunan objek wisata Teluk Kiluan, pembangunan stadion olahraga di Kotaagung, dan pembangunan terminal tipe B di Kotaagung.

Keenam, reboisasi hutan dan konservasi lahan perkebunan. Ketujuh, optimalisasi potensi sumber daya alam, energi, dan pelestarian lingkungan hidup. Dan, ke delapan, penguatan keamanan, ketertiban, dan penegakan hukum. n UTI/R-2

Tidak ada komentar: