Senin, 31 Maret 2008

Semua Pulau Sudah Punya Nama

Tanggal : 31 Maret 2008
Sumber : http://rokanhilir.go.id/berita.php?go=beritalengkap&id=3331


BAGANSIAPI-API (RP) - Secara geografis, Kabupaten Rohil yang memiliki sejumlah daerah pesisir pantai setidaknya mempunyai beberapa pulau. Pulau-pulau yang tersebar di pesisir pantai di wilayah Kabupaten Rohil, secara keseluruhan telah memiliki sebagai bentuk identitas awalnya.

‘’Memang ada informasi yang menyebutkan ada beberapa pulau belum memiliki nama yang salah satunya terdapat di Kabupaten Rohil. Hanya saja, informasi itu perlu diluruskan. Di mana, semua pulau-pulau yang ada di Rohil ini sudah memiliki nama,’’ kata Kepala Bagian Humas Sekretariat Pemkab Rohil, H Wazirwan Yunus SSos MSi.

Sebagai salah satu contoh, tambah Wazirwan Yunus, adalah Pulau Berkley. ‘’Secara alami, di sebelah Pulau Berkley itu ada pulau baru yang terbentuk secara alami. Kondisinya dapat dilihat diwaktu air laut surut maupun sedang pasang. Dan pulau yang muncul itu, biasa disebut pulau Berkley Baru. Kalau kondisi pasang, yang nampak warna hijau yang berasal tanaman yang tumbuh di sana,’’ kata Wazirwan Yunus.

Selain itu, tambah Wazirwan, pulau-pulau yang berada di Gugusan Kepulauan Aruah yang berada di perairan Kecamatan Pasirlimau Kapas, semuanya sudah memiliki nama. ‘’Di antaranya seperti Pulau Batumandi, Pulau Jemur, Pulau Labubilik, Pulau Batuandang, Pulau Sarangolang, Pulau Tukong, Pulau Tukongsimbang, Pulau Tukongmas, Pulau Batu Berlayar dan Pulau Tandangan,’’ kata Wazirwan.

Di samping ada pulau di perairan laut, lanjut Wazirwan, Rohil juga memiliki pulau-pulau yang ada di sungai Rokan. Diantaranya seperti Pulau Pedamaran yang ada di wilayah Kecamatan Bangko.

‘’Sebelumnya, Pulau Pedamaran itu sering disebut sebagai pulau Tuan Sech. Pulau Pedamaran itu nantinya menjadi dipusat didirikannya jembatan Pedamaran I dan Pedamaran II. Jadi, semua pulau di Rohil ini sudah memiliki na-ma,’’ kata Wazirwan.(sah)

Tidak ada komentar: