Kamis, 04 Mei 2006

Tata Ruang Laut, Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil Disosialisasikan

Tanggal : 4 Mei 2006
Sumber : http://www.kutaikartanegara.com/news.php?id=758

KutaiKartanegara.com
04/05/2006 18:35 WITA
Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) memiliki potensi sumber daya perairan umum, laut, pesisir dan pulau-pulau kecil yang cukup besar dan memerlukan pengolahan yang lebih optimal agar bermanfaat bagi masyarakat.

Demikian hal tersebut disampaikan Bupati Kukar Prof Dr H Syaukani HR MM dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Asisten I Pemkab Kukar H Adji Ridwan Syahranie ketika membuka Sosialisasi dan Peningkatan Kemampuan Aparatur dalam Penataan Ruang Laut, Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil di Kabupaten Kukar, tadi pagi.

Lebih lanjut dipaparkannya, potensi perairan umum yang cukup besar tersebut diantaranya adalah beberapa danau seperti Semayang, Melintang, Siran, Wis, Murung dan beberapa danau kecil lainnya dengan luas total mencapai 19.217 hektare.

"Selain itu Kukar memiliki sungai-sungai besar dan kecil dengan luas mencapai 22.302,15 ha, rawa 37.661 ha dan waduk 48 ha," ujarnya.

Sedangkan potensi kelautan dengan luas mencapai 4.097 km persegi memiliki pulau-pulau sebanyak 57 buah yang sebagian besar berada di wilayah Kecamatan Anggana dan Muara Jawa. "Sebagian dari pulau-pulau ini belum mempunyai nama," kata Bupati Kukar.

Ditambahkan Bupati Kukar, upaya pemerintah daerah dalam rangka pengolahan sumberdaya perairan umum, laut, pesisir dan pulau-pulau kecil selama ini telah diwujudkan dalam berbagai program.

Program tersebut antara lain seperti penanganan terhadap kerusakan hutan mangroove di wilayah Delta Mahakam, pembinaan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat petani dan nelayan, pendataan pulau-pulau kecil dan lain sebagainya.

Kegiatan yang berlangsung selama sehari di Ruang Rapat Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda) Kukar ini diikuti 50 peserta yang berasal dari instansi terkait baik dari Pemerintah Provinsi Kaltim, Pemkab Kukar maupun kecamatan se-Kukar, unsur perguruan tinggi hingga Lembaga Swadaya Masyarakat.

"Kegiatan ini digelar atas kerjasama Pemkab Kukar dengan Departemen Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia," ujar Kepala Dinas Perikanan Kukar Ir M Syahran selaku Ketua Panitia Pelaksana.

Tampil sebagai pemateri dalam kegiatan ini adalah Kepala Bappeda Kukar Drs Fathan Djoenaidi, Kasubid Tata Ruang Laut dan Pesisir Ir Sigit Purnomo Raharjo MSp, dan Kasi Program Tata Ruang Laut Pesisir Ir Pandu Prahoro. (win)

Tidak ada komentar: