Kamis, 03 April 2008

Raja Ampat

Sumber : http://www.indonesiareef.com/?show=location

Raja Ampat terdiri dari sekitar 1.500 pulau kecil di kawasan Papua Barat. Kawasan ini tengah naik daun karena keanekaragaman hayatinya yang luar biasa. Di sini banyak terdapat aliran air dari samudra pasifik menuju laut dalam di kawasan pulau Banda. Arus yang sangat kaya akan nutrisi.


Halim dan Mouse (2006) menyebutkan penelitian TNC tahun lalu dengan para saintis internasional menemukan sekitar 488 jenis karang batu, 1.074 jenis ikan karang, ketiga tertinggi di dunia setelah Teluk Maumere (1.111 jenis) dan Teluk Milne (1.109 jenis)!! Di kawasan ini ditemukan juga 699 jenis moluska. Semua data ini menjadikan Raja Ampat ada di sorotan utama konservasi laut dan penyelaman dunia.

Sepertinya para diver mania harus menempatkan Raja Ampat dalam agenda “the must”. Areanya relatif baru sehingga banyak pula pengalaman baru yang siap menanti. Diving di salah satu dari sekian banyak Wreck, diantara sponge, coral, dan gorgonian besar yang berwarna-warni, dikelilingi ikan-ikan besar, dan sesekali hammerhead melintas. Di perahu? Ditemani lumba-lumba dan paus yang seringkali lewat.

Tidak ada komentar: